Izinku

Identitas pribadi Anda yang menjadikan Anda terlihat unik, sedang identitas merek Anda adalah bumbu khusus untuk bisnis Anda yang membedakan Anda dari setiap merek. Itu yang membentuk perusahaan Anda.

Untuk mengetahui lebih dalam apa itu identitas merek. Baca sampai habis! Untuk mempelajari cara membuat identitas merek yang hebat untuk bisnis Anda, sebagai berikut.


Temukan apa yang Anda cari:

  • Apa itu identitas merek?
  • Bagaimana mengembangkan identitas merek yang kuat
  • Desain: fondasi identitas merek Anda
  • Mengembangkan desain merek Anda
    • Tipografi
    • Palet warna
    • Bentuk
  • Merancang identitas merek Anda
    • Logo
    • Situs web
    • Kemasan Produk
    • Kartu nama
    • Desain surel
  • Buat Panduan Gaya Merek

Ketahuilah siapa Anda

Sebelum Anda mengetahui elemen nyata apa yang Anda inginkan untuk membentuk identitas merek Anda, Anda perlu mengetahui siapa diri Anda sebagai sebuah merek.

Jadi, pastikan Anda mencari tahu informasi terbaru yang tepat agar selalu update. Mungkin Anda mulai mengerjakan, dan tindakan ini adalah pekerjaan yang Anda lakukan untuk mengembangkan citra yang Anda inginkan terhadap merek anda kepada mereka para pelanggan.

Terakhir, Anda perlu memastikan bahwa Anda dapat konsisten. Identitas merek Anda adalah apa yang mampu membuat Anda lebih dikenali oleh pelanggan Anda. Audiens Anda akan mengasosiasikan identitas merek Anda dengan produk atau layanan Anda, dan identitas itulah yang membentuk hubungan antara Anda dan pelanggan Anda, membangun loyalitas pelanggan, dan menentukan bagaimana pelanggan Anda akan memandang merek Anda.

Sebelum Anda mengetahui elemen nyata apa yang Anda inginkan untuk membentuk identitas merek Anda, Anda perlu mengetahui siapa diri Anda sebagai sebuah merek. Perlu ditambah beberapa tambahan untuk membantu identitas merek Anda :

Warna

Orang-orang termasuk pelanggan potensial Anda memiliki ikatan psikologis dengan warna yang berbeda, dan menggunakan warna branding dan warna logo secara strategis dapat berdampak serius pada bagaimana merek Anda dirasakan oleh audiens Anda.

Bentuk

Ketika ingin membuat identitas merek, Anda juga harus memikirkan bentuk. Elemen halus namun efektif ini dapat digunakan untuk memperkuat reaksi yang diinginkan dari pelanggan Anda.  Misalnyac, logo yang semua lingkaran dan ujungnya lembut akan menginspirasi reaksi yang sangat berbeda dari logo yang tajam dan persegi.

Merancang identitas merek Anda

Setelah Anda mengetahui blok bangunan dari desain Anda, saatnya untuk bekerja dengan seorang desainer untuk menghidupkan identitas merek Anda dan menerjemahkan siapa Anda sebagai merek ke dalam aset desain nyata yang dapat Anda gunakan dalam pemasaran Anda.

Identitas merek Anda dapat diekspresikan dalam sejumlah elemen. Terrgantung pada sifat bisnis Anda, satu aset atau lainnya mungkin lebih atau kurang.

Misalnya, sebuah café harus banyak memikirkan menu dan desain ruang fisiknya. Namun, saat ini perlu lebih fokus pada pemasaran digital, seperti situs web dan halaman media sosial lainnya.

Elemen umum pada identitas merek meliputi :

Logo

Desain logo Anda adalah landasan dalam identitas merek Anda. Saat bekerja dengan desainer Anda, Anda ingin mengarahkan logo Anda untuk mencentang kotak-kotak berikut:

  • Mengkomunikasikan dengan jelas siapa Anda dan apa yang Anda hargai sebagai merek
  • Menarik secara visual: sederhana, bersih, dan tidak berantakan;
  • Klasik, bukan trendi: hal terakhir yang Anda inginkan adalah logo Anda ketinggalan zaman dalam 6 bulan
  • Sesuaikan dengan standar industri Anda dan jika Anda membelok, lakukanlah dengan sengaja
  • Membuat kesan abadi pada audiens Anda

Situs web

Situs web Anda ialah salah satu aspek paling representatif dari identitas merek Anda. Apalagi jika Anda menjalankan bisnis online atau produk digital, pelanggan Anda pasti akan mengecek website Anda sebelum memutuskan untuk berbisnis dengan Anda. Situs web Anda adalah tempat identitas merek Anda harus muncul dengan kekuatan penuh.

Kemasan produk

Jika produk Anda berbentuk fisik, maka pengemasan produk adalah kunci untuk menarik pelanggan yang tepat. Jangan remehkan nilai desain yang bagus dalam meningkatkan pengalaman yang mampu mendorong keduanya, loyalitas dan pembelian berulang. Pengemasan adalah peluang luar biasa agar desain Anda bersinar.

Kartu nama

Jika Anda melakukan pengembangan bisnis apa pun, Anda pasti ingin nama Anda dapat lebih dikenal. Untuk itu, cara mudahnya dengan merancang kartu nama dengan baik yang menawarkan kesempatan untuk memperkuat opini positif tentang diri anda di mata calon pelanggan, desain kartu nama dengan sederhana. Pastikan logo perusahaan Anda berada di satu sisi kartu dan detail pribadi utama Anda berada di sisi lain itu sudah cukup.

Buat panduan gaya merek

Panduan gaya merek adalah suatu keharusan untuk mempertahankan identitas merek Anda.

Setelah Anda mendapatkan aset desain, Anda ingin memastikannya digunakan dengan cara yang benar, itulah sebabnya Anda pasti ingin membuat panduan gaya merek . Dokumen ini yang menguraikan aset desain Anda, kapan dan bagaimana menggunakannya, serta setiap desain yang boleh dan tidak boleh dilakukan untuk merek Anda akan memastikan bahwa desain apa pun di masa depan sejalan dengan identitas merek Anda dan menghasilkan persepsi yang tepat dengan audiens Anda.

Konsistensi adalah kunci untuk menciptakan identitas merek yang kuat. Anda tidak ingin merek Anda terlihat sangat berbeda di media sosial daripada di situs web Anda. Itu akan membingungkan pelanggan dan membuat merek Anda terasa kurang dapat dipercaya dan profesional. Jadi, pastikan untuk selalu berpegang pada panduan merek yang mencakup semua elemen berbeda dari identitas merek Anda. Itulah yang akan memungkinkan Anda membangun pengenalan merek dan loyalitas merek dalam jangka panjang.

Identitas merek Anda adalah apa yang membedakan Anda dari banyaknya pesaing yang tak ada habisnya dan menunjukkan kepada pelanggan Anda siapa Anda dan apa yang dapat mereka harapkan dari bekerja sama dengan Anda. Dan jika Anda ingin merek Anda dilihat secara positif, penting bagi Anda untuk memakukan identitas merek Anda dan membuat desain yang secara akurat menggambarkan siapa Anda kepada pelanggan Anda. Dan sekarang setelah Anda tahu cara membuat identitas itu, saatnya untuk mulai mendesain.

Lalu jangan lupa untuk mengurus merek anda secara hukum, agar merek Anda terlindungi atas Hak Merek Anda. Ingin lebih tahu tentang merek? Segera kunjungi Izinku dan daftarkan merek Anda melalui Izinku!



Leave a Reply