Izinku

Potensi untuk melisensikan suatu merek sangatlah menguntungkan! pemilik bisnis sering memiliki firasat bahwa merek mereka dapat dilisensikan dengan sukses, namun mereka tidak memahami semua aspek dalam menciptakan strategi jangka panjang yang saling menguntungkan.

Dalam banyak pengalaman, beberapa faktor menentukan apakah kesepakatan lisensi akan menghasilkan hasil yang diharapkan dan tumbuh dengan sukses selama bertahun-tahun.

  • Kesesuaian Ekuitas Merek

Ini sebagi pilar pertama dan dasar untuk sukses. Pastikan perpesanan merek dan ekuitas terhubung dengan ekstensi produk berlisensi dengan cara yang berarti. Bagaimana perluasan merek masuk akal bagi pasar? 

Seperti contohnya, sebuah merek A telah mengembangkan mereknya menjadi merek gaya hidup dan melisensikannya menjadi pakaian dewasa. Ekuitasnya kemeja dan kaos, dari merek A membantunya meluas ke otomotif. Namun, tidak masuk akal bagi merek A untuk melisensikan merek mereka ke otomotif. Jika merek A menginginkan jalan lain, mungkin pakaian anak akan menjadi perluasan merek lain yang dapat dilakukan. 

  • Permintaan Konsumen dan Ritel

Perlu ada permintaan terukur dari konsumen dan pengecer untuk perluasan produk baru. Yang pastinya pemegang lisensi meluncurkan produk berlisensi dan berjuang untuk mencapai penetrasi pasar ritel dengan produk tersebut.

Dengan peluncuran online sebagai cara ekonomis untuk membuktikan konsep di pasar ritel saat ini. Permintaan online mampu memacu permintaan pengecer dan membantu menangkap ruang rak yang diinginkan di ritel. Model direct-to-consumer merupakan komponen penting dalam kesepakatan lisensi. 

  • Kualitas Produk

Kualitas produk tidak dapat dengan mudah diterima begitu saja dalam hal menciptakan strategi lisensi yang sukses. Kualitas yang buruk bisa mengikis kepercayaan konsumen dan kemudian berdampak negatif pada merek atau merek yang terlibat. Kualitas produk minimal harus memenuhi harapan konsumen.

  • Pemasaran dan Promosi

Betapa seringnya rencana pemasaran dan promosi yang komprehensif diabaikan dalam strategi perizinan. Seringkali pemegang lisensi tidak berpikir mereka perlu memasarkan atau mempromosikan produk berlisensi. Ini bisa menjadi kesalahan yang mahal, bahkan dengan merek-merek terkenal. Pemilik merek tahu bahwa mereka harus memasarkan merek mereka untuk menikmati ekuitas merek mereka, dan promosi harus dilanjutkan melalui produk berlisensi untuk memastikan penjualan. Sementara pemilik merek mungkin berfokus pada produk inti, lisensi tanpa dukungan pemasaran bisa menjadi pelajaran yang cukup menyakitkan.

Sekali lagi, penting untuk bekerja sama dengan pemegang lisensi untuk memastikan Anda memiliki strategi untuk memasarkan dan mempromosikan produk berlisensi, jika tidak ada yang tahu bahwa mereka ada, mereka tidak akan membeli produk berlisensi.

  • Kemitraan Yang Kuat

Kemitraan adalah pilar kelima dan terakhir untuk sukses. Kami hampir selalu menyebut kesepakatan lisensi sebagai kemitraan lisensi , dan itu sangat disengaja. Merek dan pemegang lisensi harus berkolaborasi tidak hanya dalam melaksanakan kesepakatan tetapi juga memastikan keberhasilan hubungan yang berkelanjutan.

Ketika dilihat sebagai transaksi transaksional, mereka sering meleset pada kecocokan ekuitas, kualitas, atau promosi pemasaran. Ketika pendekatan kemitraan diambil, kami telah melihat kesepakatan yang berhasil secara luas, berlangsung selama beberapa dekade, melayani konsumen setia, dan menghasilkan keuntungan yang signifikan baik bagi pemegang lisensi maupun pemberi lisensi.

Kesepakatan lisensi yang bijaksana dan strategis dapat menguntungkan kedua belah pihak, terutama jika ada sinergi alami dan ada komitmen dari kedua belah pihak. Tujuan bersama dan komitmen terhadap kemitraan dapat menyulut kesuksesan, tetapi bukan tanpa terlebih dahulu memastikan adanya dukungan yang tepat. Kesepakatan lisensi dapat saling menguntungkan, terutama ketika pilar-pilar ini dipertimbangkan dalam menciptakan kemitraan. Sedikit lebih banyak persiapan sekarang dapat menghasilkan keuntungan finansial dan mampu memberikan hasil dan pertumbuhan.

Ingin membuat lisensi merek? Hubungi Izinku untuk mengurus berbagai perizinan yang ingin anda urus.



Leave a Reply