Izinku

Perjanjian lisensi memberi wewenang kepada perusahaan yang memasarkan produk atau layanan untuk menyewakan atau menyewa merek dari pemilik merek yang mengoperasikan program lisensi. Perusahaan yang mengenal mereknya dengan baik akan memiliki pemahaman yang baik tentang ekuitas merek tersebut. Ekuitas merek berasal dari kesadaran dan citra merek dengan pelanggannya. Untuk memahami peluang ini sedikit lebih baik, mari lihat lebih dalam berbagai alasan pemilik merek memilih untuk melisensikan merek mereka.

1. Kemampuan untuk menguji coba bisnis baru atau pasar geografis dengan risiko minimal

    Dengan bermitra dengan produsen atau penyedia layanan pihak ketiga, pemilik merek dapat mencoba bisnis baru, atau memindahkan dirinya ke negara baru dengan investasi awal yang lebih kecil daripada membangun dan mengelola operasinya sendiri. Karena pembuatan dan distribusi produk ditangani oleh pemegang lisensi perusahaan dengan keahlian produk, hanya ada sedikit keterlibatan pemberi lisensi dengan produk dan tidak ada komitmen inventaris.

    2. Kumpulkan pendapatan royalti untuk hak menggunakan merek

    Meskipun bukan alasan yang paling penting, lisensi menghasilkan pendapatan dari jaminan minimum dan melalui pembayaran royalti. Jaminan biasanya ditentukan secara tahunan dan dihitung sebagai persentase dari royalti per tahun yang diantisipasi. Pembayaran royalti biasanya dihitung sebagai persentase dari pendapatan grosir. Selama merek dilindungi dan program lisensi dikelola dengan baik.

    3. Memperluas dukungan pemasaran mereka secara keseluruhan untuk bisnis

    Dalam banyak penerima lisensi akan diminta untuk menyediakan dana pemasaran untuk mendukung kategori yang dilisensikan, yang penting untuk keberhasilan lisensi. Pengeluaran pemasaran ini, pada gilirannya, memberikan kehadiran merek tambahan secara keseluruhan. 

    4. Mencapai pemogokan kompetitif

    Bagi pemberi lisensi yang mengetahui mereknya dapat masuk ke dalam kategori yang dikendalikan oleh kompetitornya, pemberian lisensi dapat menjadi cara yang cerdas dan efektif untuk memerangi kompetitor dalam bisnis. Dengan melakukan ofensif, pemberi lisensi pada gilirannya akan mengalihkan perhatian kompetitor dari bisnis mereka sendiri. 

    5. Dapatkan pengetahuan strategis

    Karena banyak pemegang lisensi adalah ahli dalam haknya sendiri, mereka menawarkan akses pemberi lisensi ke hal-hal tak berwujud seperti kekayaan intelektual, desain produk dan keahlian pemasaran, manajemen rantai pasokan, hubungan pelanggan baru, dan aliansi strategis. Sebagai mitra sejati, pemberi lisensi dan penerima lisensi dapat mengadakan forum untuk bertukar pikiran yang tidak hanya menumbuhkan kategori berlisensi, tetapi juga meningkatkan area lain dari bisnis kedua perusahaan.

    6. Pertahankan kendali atas ciptaan asli

    Bagi pemilik merek dan khususnya mereka yang berbisnis di pasar global, melisensikan dan mendaftarkan merek di berbagai pasar merupakan cara untuk melindungi merek agar tidak digunakan oleh orang lain tanpa izin. Ketika lisensi pertama kali dimulai, itu dijalankan oleh departemen hukum secara khusus untuk melindungi merek dagang perusahaan dalam kategori yang mereka pilih untuk dilisensikan di seluruh dunia.

    Apakah Anda tertarik untuk memperluas pengaruh merek Anda, memperkuat hubungan pelanggan, dan menghasilkan pendapatan tak terbatas dari pembayaran royalti yang dijamin? Segera urus atau daftarkan merek anda, melalui Izinku dan rasakan kemudahannya.



    Leave a Reply