Izinku

Ada yang berpendapat tentang betapa pentingnya branding untuk membuat sukses, berapa banyak pekerjaan yang diperlukan, dan cara terbaik untuk mendekatinya. Namun setiap perusahaan, mulai dari perusahaan rintisan kecil sekalipun hingga perusahaan besar seperti Google tahu branding yang baik dapat membuat produk atau layanan.

Branding pada dasarnya ialah cara Anda mempresentasikan suatu perusahaan atau produk, nama, citra, reputasi Anda melalui logo, iklan, situs web, aplikasi, dan media sosial. Berikut tips cepat agar dapat membantu Anda maju dalam industri yang kompetitif dan selalu berubah ini. 

1. Lakukan Riset Anda

Pekerjaan terpenting untuk branding yang sukses adalah dengan meneliti. Ini adalah pertanyaan yang perlu Anda tanyakan pada diri sendiri tentang jangka panjang.

  • Apa yang ingin Anda komunikasikan? 
  • Kepada siapa Anda ingin berkomunikasi?
  • Siapa yang paling mungkin membeli produk Anda? 
  • Apa kekuatan dan kelemahan produk Anda? 
  • Apa USP (Unique Selling Point) dan nilai apa yang Anda kaitkan dengan produk Anda?

Jika Anda tidak memahami produk Anda sendiri, Anda tidak akan dapat terlibat dengan pelanggan. 

2. Terhubung dengan Pelanggan

Produk Anda perlu memberi nilai tambah bagi kehidupan pelanggan Anda. Logo Anda, garis tali, skema warna, desain, itu semua komponen yang harus memunculkan emosi yang beragam dengan audiens target Anda. Bertujuan untuk menciptakan pengalaman dan gaya hidup yang sesuai dengan produk sesuatu yang beresonansi dan memperkaya target pelanggan Anda.

3. Konsisten

Jaga agar merek dan nilai mereknya tetap konsisten sehingga pelanggan dapat mempercayainya. Mengikuti tren yang terus berubah ini bahkan dimulai dengan tugas sederhana untuk mendapatkan dan mendaftarkan nama domain atau profil Anda di platform digital baru dan saluran media sosial.

Anda harus memiliki nama yang sama di semua media untuk mempertahankan merek yang kuat dan mudah diidentifikasi. 

4. Ciptakan Kesadaran Merek

Kesadaran merek dimulai di rumah. Sifat merek Anda ialah tentang komunikasi eksternal dan komunikasi internal Anda. Anda perlu mempertimbangkan bagaimana staf atau kolega Anda dapat bertindak sebagai duta merek Anda serta bagaimana Anda mengomunikasikannya kepada pelanggan Anda.

Buat gebrakan nyata guna menghasilkan banyak pembicaraan tidak hanya di media sosial tetapi juga melalui media melalui mulut ke mulut. Ini mendorong kepuasan terhadap pelanggan. 

5. Anggaran Tidak Membatasi

Anda tidak perlu anggaran yang besar untuk mendapatkan merek Anda di luar sana. Anda dapat memulai blog, menjalankan survei untuk mendapatkan data menarik, menargetkan barang promosi Anda yang kemungkinan besar akan dihadiri oleh pelanggan potensial. Di satu sisi, ini mirip dengan perburuan Anda untuk pekerjaan yang sempurna. Anda harus menjual diri Anda kepada pemberi kerja dengan sedikit atau tanpa anggaran.

Pikirkan bagaimana Anda akan mencapainya dan terapkan aturan yang sama untuk membangun merek baru yang potensial. 

Nah, itulah beberapa tips yang dapat anda lakukan agar dapat menciptakan merek yang sukses. Jadi tunggu apalagi? Langsung saja daftarkan merek anda di Izinku! Dan rasakan kemudahannya.



Leave a Reply