Izinku

Dengan edukasi merek di Indonesia masih terbilang rendah dikarenakan minimnya informasi. Kami akan sedikit memberikan informasi tentang pentingnya mendaftarkan merek dagang, Pengecekan Merek, Pendaftaran Merek, Pendaftaran hak paten, Hak Cipta.

Untuk memulai bisnis, merek atau nama brand adalah bagian terpenting yang harus diperhatikan. Karena, hal tersebut harus menjadi identitas dan pembeda antara bisnis Anda dengan kompetitor. Membuat sebuah merek yang akan membuat produk Anda buat lebih mudah dikenal dan dipasarkan kepada orang luas.

Selain itu pula, di zaman serba canggih dan mudah ini banyak juga orang-orang yang berlomba-lomba menciptakan inovasi baru, sesuatu yang diminati banyak orang. Salah satunya dalam membuat nama merek yang menarik. Dan tidak menutup kemungkinan akan banyak pula nama-nama merek yang sama, maka untuk menghindari adanya kesamaan merek ataupun penjiplakan merek, maka dari itu pentingnya dari setiap setiap bisnis untuk mendaftarkan mereknya ke dalam HAKI (Hak Kekayaan Intelektual ).

Selain itu, saat kini masih banyak pula pelaku bisnis yang belum menyadari pentingnya sebuah merek usahanya, yang padahal mendaftarkan merek sebagai dasar semua usaha termasuk mendaftarkannya secara resmi.

Dengan alasan klasiknya, kurangnya pengetahuan mengenai prosedur pendaftaran merek dagang. Padahal ada banyak perusahaan yang mempermudah pembuatan merek tersebut. Pentingnya pendaftaran merek menjadi usaha untuk melindungi usaha kita dari masalah dengan kompetitor lain, sekaligus memaksimalkan promosi.

 

 

Anda masih bingung mendaftarkannya? Berikut ini adalah proses pendaftaran hak merek.

  1. Buka akun di laman resmi izinku.co.id
  2. Lalu anda bisa langsung konsultasi secara gratis
  3. Jika belum paham akan di bimbing sampai paham dan akan di berikan arahan

Selain langkah-langkah di atas, pemohon juga harus memenuhi dokumen data.

Segera daftarkan hak merek dagangmu sekarang juga!

Seberapa Pentingkah Mendaftarkan Merek ke HAKI?

Ada beberapa alasan yang mengharuskan Anda untuk segera mendaftarkan merek ke HAKI. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Mengantisipasi Pelanggaran HAKI

Dengan mengurus pendaftaran merek ke HAKI ialah untuk menghindari risiko pelanggaran HAKI. Karena banyaknya merek yang ada di Indonesia, terkadang kesulit untuk kita melakukan pelacakan, apakah merek yang akan kita gunakan sudah ada yang menggunakan atau belum.

2. Mendapatkan Hak Eksklusif

Ketika merek Anda telah terdaftar ke HAKI dan Anda sudah memiliki sertifikat merek dari Menteri Hukum dan HAM, maka Anda telah mendapatkan hak eksklusif yang diberikan oleh Negara kepada pemilik merek terdaftar untuk jangka waktu 10 tahun sejak tanggal penerimaan dan dapat diperpanjang juga.

Jika sertifikat sudah ada, maka secara otomatis merek Anda akan mendapat perlindungan hukum. Sehingga, ketika ada pihak lain yang mencoba meniru merek anda, dan Anda juga berhak melarang pihak lain menggunakan merek tersebut, maka Anda sebagai pemilik merek mempunyai hak untuk mengajukan gugatan ke Pengadilan Niaga dengan melaporkan tindak pidana tersebut sesuai ketentuan dalam Pasal 100 UU Merek dan Indikasi Geografis. Ataupun, Anda bisa memberikan izin untuk penggunaan merek yang tersebut  daftarkan melalui lisensi.

3. Identitas Demi Integritas

Menurut UU Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis, Merek diartikan sebagai tanda yang ditampilkan secara grafis berupa gambar, kata, huruf, logo, nama, angka, susunan warna, dalam bentuk dua dimensi dan/atau tiga dimensi, suara, hologram, atau kombinasi dari dua atau lebih unsur tersebut untuk membedakan barang/jasa yang diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam kegiatan perdagangan.

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa merek merupakan sebuah ciri khas dari suatu produk. Dengan adanya merek, maka ada juga pembeda ketika mereka melihat produk berlogo/bermerek yang anda miliki mereka akan langsung mengenali bahwa produk tersebut adalah produk yang Anda miliki. Oleh karena itu, penting juga bagi bisnis untuk memperhatikan merek agar lebih mudah dikenali oleh para customer.

4. Memiliki Hak Pengajuan Pembatalan Merek

Bukan hanya memiliki hak istimewa untuk melarang pihak lain memakai merek tersebut. Namun, Anda juga memiliki hak untuk mengajukan gugatan pembatalan terhadap merek terdaftar lainnya yang memiliki persamaan pada pokoknya atau keseluruhannya dengan merek terdaftar tersebut  ke Pengadilan Niaga.

5. Menambah Nilai Aset Perusahaan

Merek juga dapat digunakan untuk melakukan branding perusahaan. Di mana, dengan melakukan branding perusahaan dengan baik, maka secara tidak langsung Anda akan mengundang investor untuk datang menanamkan modal. Selain itu, merek juga menjadi berharga ketika telah resmi terdaftar di HAKI.

Itulah beberapa alasan dan tujuan pendaftaran HAKI. Karena banyaknya manfaat yang bisa Anda peroleh, maka dari itu segera daftarkan hak merek anda kepada kami.

Bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk mengurus pendaftaran HAKI secara langsung, maka Anda bisa memanfaatkan  izinku Anda bisa melakukan konsultasi gratis terkait pendaftaran HAKI dan juga bisa membantu Anda mengurus pendaftaran untuk usaha lainnya. Jadi, bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis tapi masih bingung dan belum begitu mengerti, cobalah manfaatkan izinku sebagai partner tepercaya yang dapat membantu Anda mengurus segala masalah perizinan usaha!

Leave a Reply

Anda Butuh Konsultasi?

Hubungi dan konsultasikan permasalahan atau kebutuhan Anda dengan IZINKU.

Konsultasikan Kebutuhan Perizinan Anda melalui IZINKU!