Izinku

Percayakan Pengurusan SIUJK Anda kepada IZINKU yang sudah berpengalaman dan dipercaya oleh puluhan perusahaan. Harga terjangkau dan free konsultasi dengan tim yang sudah berpengalaman.
 

Saat Anda berencana mendirikan sebuah perusahaan konstruksi atau kontraktor maka diperlukan beberapa persiapan. Selain persiapan modal dan tempat usaha, Anda juga membutuhkan perizinan agar legalitas usahamu diakui dan tidak diragukan lagi. Salah satu perizinan penting yang diperlukan untuk menjalankan perusahaan konstruksi atau kontraktor adalah SIUJK.

IZINKU – Kami adalah salah satu perusahaan Konsultan & Biro Jasa Perizinan Usaha yang telah beroperasi dan memiliki cabang di 5 kota , yaitu : Bandung , Bekasi, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan Cibinong Bogor. 

Apa Itu SIUJK?

Apa itu SIUJK? SIUJK sendiri merupakan akronim dari Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi. SIUJK diperlukan sebagai legalitas untuk perorangan atau badan yang melakukan kegiatan usahanya di bidang usaha jasa konstruksi. Sementara itu jenis usaha yang meliputi jasa konstruksi ini antara lain jasa perencana, jasa pelaksana dan jasa pengawas konstruksi.

Mengapa Usaha Jasa Kontruksi Membutuhkan SIUJK?

Seperti disinggung sebelumnya bahwa untuk menjalankan usaha dibidang konstruksi ini tidak bisa sembarangan. Untuk menjamin kelancaran usaha maka pebisnis dibidang ini membutuhkan perizinan bernama SIUJK. Dan sesuai peraturan dan undang-undang yang berlaku yang berlaku di negeri ini, setiap usaha dibidang konstruksi baik perorangan atau badan, baik pelaksana, perencana atau pengawas konstruksi, diWAJIBKAN memiliki Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK).

IUJK ini nantinya akan dikeluarkan sesuai dengan klasifikasi dan kualifikasi usaha, berdasarkan Sertifikat Badan Usaha (SBU). SBU sendiri merupakan persyaratan komitmen dalam mendapatkan IUJK yang berlaku efektif melaui One Submission System (OSS). IUJK ini memiliki masa berlaku yang mengikuti masa berlaku SBU selama 3 tahun. Sebelum masa berlaku habis, IUJK bisa diperpanjang kembali, diupgrade atau ditingkatkan kualifikasinya. Termasuk perubahan atau penambahan klasifikasi dan sub klasifikasi.

Apa Saja Persyaratan Pengurusan SIUJK?

Untuk mengajukan atau mengurus SIUJK ini ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Beberapa persyaratan tersebut antara lain :

  1. KTA (Kartu Tanda Anggota) dalam asosiasi yang asli. Asosiasi yang diakui sendiri adalah asosiasi perusahaan jasa konstruksi yang terakreditasi atau terdaftar di LPJK.
  2. Sertifikat Keterampilan Kerja (SKTK) yaitu sertifikat yang diterbitkan LPJK dan diberikan kepada tenaga terampil konstruksi yang telah memenuhi persyaratan kompetensi berdasarkan disiplin keilmuan, kefungsian dan/atau keterampilan tertentu.
  3. SKA (Sertifikat Keahlian Kerja) yaitu sertifikat yang diterbitkan LPJK dan diberikan kepada tenaga ahli konstruksi yang telah memenuhi persyaratan kompetensi berdasarkan disiplin keilmuan, kefungsian dan/atau keahlian tertentu.
  4. SBU (Sertifikat Badan Usaha) yaitu tanda bukti pengakuan terhadap klasifikasi dan kualifikasi atas kemampuan badan usaha Jasa Konstruksi termasuk hasil penyetaraan kemampuan badan usaha Jasa Konstruksi asing.
  5. Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup (SPPL).
  6. Surat izin tetangga kiri, kanan, depan, dan belakang sebagai ganti HO atau UUG.
  7. IMB bangunan lokasi kantor dan bukti telah membayar pajak PBB.
  8. Fotokopi KTP dari setiap direktur yang ada di dalam perusahaan.
  9. Fotokopi akta pendirian notaris.
  10. Fotokopi surat domisili usaha.
  11. Fotokopi TDP.
  12. Fotokopi NPWP punya perusahaan.
  13. Fotokopi SIUP.
Tiga Macam Jenis IUJK

Perlu diketahui bahwa IUJK ini ada tiga macam yaitu :

  1. IUJK PMA

IUJK PMA adalah IUJK yang diberikan khusus untuk badan usaha patungan (Joint Venture) yang didirikan dalam rangka penanaman modal asing (PT-PMA) dengan kualifikasi besar baik untuk kontraktor maupun konsultan

  1. IUJK BUJKA

Sementara itu IUJK BUJKA adalah IUJK yang dikeluarkan untuk badan usaha jasa konstruksi asing yang bergerak di Indonesia dengan cara membuka kantor perwakilan jasa konstruksi di Indonesia.

  1. IUJK NASIONAL

Terakhir, IUJK Nasional adalah IUJK yang diberikan diperuntukkan pada badan usaha jasa konstruksi nasional yang berbentuk PT, CV, Firma atau Koperasi termasuk BUMN, BUMD atau badan usaha yang didirikan dalam rangka penanaman modal dalam negeri (PMDN).

Tahapan Proses Pengurusan Izin Usaha Jasa Kontruksi Untuk Tender

Untuk tender Anda juga membutuhkan perizinan IUJK yang bisa Anda ajukan pengurusannya melalui beberapa tahapan berikut ini :

  1. Pembuatan Sertifikat Tenaga Kerja

Pertama, Anda harus membuat sertifikasi dan registrasi tenaga ahli atau tenaga terampil untuk mendapatkan Sertifikat Keahlian Kerja (SKA) atau Sertifikat Keterampilan Kerja (SKTK). Nah dari SKA dan SKTK inilah kamu bisa mengajukan permohonan Sertifikat Badan Usaha (SBU)

  1. Pendaftaran Anggota Asosiasi

Selanjutnya Anda juga harus memastikan perusahaan terdaftar sebagai anggota Asosiasi Perusahaan Jasa Kontruksi yang terakreditasi atau terdaftar Lembaga Pengembangan Jasa Kontruksi (LPJK).

  1. Sertifikat Badan Usaha (SBU)

Lakukan juga pengurusan untuk mendapatkan Sertifikat Badan Usaha (SBU). SBU sendiri adalah tanda bukti pengakuan terhadap klasifikasi dan kualifikasi atas kemampuan badan usaha Jasa Konstruksi termasuk hasil penyetaraan kemampuan badan usaha Jasa Konstruksi asing.

  1. Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK)

Dari sini IUJK akan didapatkan setelah terpenuhinya syarat komitmen Izin usaha jasa kontruksi perusahaan di sitem One Single Submission (OSS).

  1. Update status Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK) di OSS

Tahapan terakhir untuk proses pengurusan IUJK oleh tender adalah meng-update status IUJK di sistem One Single Submission (OSS). Nantinya izin usaha jasa kontruksi (IUJK) di sistem OSS akan terupdate dengan syarat telah memenuhi komitmen, ketika persyaratan sampai point 4 terselesaikan.

Mengapa Perlu Mengurus SIUJK Dengan Indooffice?

Dengan pengalaman yang dimiiliki, Indo Office akan menghadikan banyak keuntungan untuk Anda saat mengurus SIUK. Berikut beberapa keuntungan mengurus SIUJK dengan Indo Office :

  1. Saran dan Solusi

Indo Office memiliki banyak informasi untuk membantu permasalahan Anda dibidang perizinan termasuk SIUJK. Dengan saran dan solusi yang tepat dari Indo Office maka Anda bisa segera memiliki IUJK yang legal serta menjalankan usaha dengan tenang.

  1. Hemat Waktu dan Biaya

Dengan pengalaman yang dimiliki Indo Office, semua hal terkait pengurusan IUJK yang kompleks ini bisa dilakukan dengan cepat. Dari sini Anda tak perlu resah dengan membayangkan lamanya waktu untuk proses pengurusan IUJK. Anda pun bisa segera menjalankan dan mengembangkan bisnis.

  1. 100% Legalitas Terjamin

Terakhir, keuntungan menggunakan jasa Indo Office untuk pengurusan IUJK adalah legalitas yang terjamin 100%. Proses pengurusan IUJK oleh Indo Office memang akan dilakukan sesuai prosedur dan tata aturan yang berlaku sehingga legalitasnya bisa dipastikan seratus persen sah dan bisa diverifikasi kebenarannya.

Keunggulan PT
  • Aset Pribadi dan Perusahaan Terpisah.
  • Akses Bisnis Lebih Luas
  • Pilihan Aktivitas Bisnis Lebih Beragam
  • Bentuk Usaha dengan Badan Hukum

Saya memilih Izinku karena Pelayanan sangat bagus cepat ramah pokonya sukses selalu untuk semua. Aamiin, Perusahaan saya bergerak di bidang Perdagangan Besar Mobil Baru. Paket yang saya ambil yaitu Legalitas Pro.

Legalitas Perusahaan Excelindo Abadi
Owner, Legalitas Perusahaan Excelindo Abadi

Konsultasikan Kebutuhan Perizinan Anda melalui IZINKU!