Izinku

Anda harus menemukan cara agar lebih menonjol dari persaingan dengan proses membangun merek yang solid. Jangan salah, merek yang dikenali dan disukai adalah salah satu aset paling berharga yang dimiliki perusahaan. Dan kebanyakan pelanggan lebih suka membeli produk baru dari merek yang mereka kenal.

Sebagai bisnis kecil, Anda mungkin harus bersaing dengan merek besar dengan pelanggan setia dan anggaran pemasaran tak terbatas. Itulah mengapa Anda harus menemukan cara yang dapat menonjol untuk terlihat dan dengan proses membangun merek anda sendiri yang solid.

Berikut adalah cara membangun agar merek dapat disukai oleh banyak orang, yaitu:

1. Temukan Tujuan Di Balik Merek

Setiap merek yang sukses memiliki tujuan yang kuat di baliknya, dan anda pun harus demikian. Itu adalah apa yang harus anda bangun setiap hari dengan senang hati lakukan untuk orang lain dan juga dunia untuk melalui produk atau layanan anda.

Anda akan menggunakan ide-ide ini untuk menginformasikan fondasi branding Anda, melalui tagline, slogan, proposisi nilai, suara, perpesanan, cerita, dan banyak lagi.

Dan bayak pelanggan sekarang membeli berdasarkan nilai dan dampak merek perusahaan .

3 Bagian Lingkaran Emas:

  • Apa – produk atau layanan yang anda tawarkan kepada pelanggan Anda
  • Bagaimana – hal-hal yang membedakan Anda dari pesaing
  • Mengapa – alasan Anda bergairah dan mengapa Anda ada

Anda juga dapat menggunakan Lingkaran Emas sebagai titik awal untuk mengidentifikasi tujuan unik merek anda.

2. Teliti Merek Pesaing di Industri

Anda tidak dibolehkan meniru persis apa yang dilakukan merek besar di industri Anda. Tapi, Anda harus menyadari apa yang mereka lakukan dengan baik atau di mana mereka gagal.

Yang bertujuan untuk dapat membedakan dari kompetisi. Yakinkan pelanggan untuk membelinya dari anda daripada mereka.

Jangan lewati langkah ini dalam proses membangun merek. Teliti dengan pesaing utama atau jadikan merek sebagai tolak ukur anda. Misalnya, pelajari seberapa baik mereka membangun nama merek.

Guna nama merek menjadi efektif, agar mudah bagi pelanggan untuk mengenali dan mengingatnya.

Kemudian, jawab pertanyaan mendasar ini sebagai tolak ukur anda dengan pesaing.

  • Apakah pesaing konsisten dengan perpesanan dan identitas visual di seluruh saluran?
  • Bagaimana kualitas produk atau jasa pesaing?
  • Apakah pesaing memiliki  ulasan pelanggan atau sebutan sosial yang dapat Anda baca tentang mereka?
  • Dengan cara apa kompetitor memasarkan bisnisnya, baik online maupun offline?

Pilih beberapa pesaing, dua hingga empat (2-4) memiliki angka yang bagus untuk bagan perbandingan anda. Anda mungkin ingin melihat bisnis lokal lainnya, atau bahkan bertujuan untuk membandingkan dengan merek ternama.

Riset pesaing atau riset pasar, adalah salah satu kunci dalam menemukan dan menentukan posisi merek anda.

3. Tentukan Target Audiens

Landasan untuk membangun merek Anda adalah menentukan  audienstarget yang akan Anda fokuskan.

Anda tidak bisa menjadi segalanya bagi semua orang. Saat membangun merek, ingatlah siapa sebenarnya yang ingin anda jangkau. Anda akan menyesuaikan misi dan pesan anda untuk memenuhi kebutuhan mereka yang sebenarnya.

Kuncinya adalah untuk menjadi spesifik. Cari tahu detail perilaku dan gaya hidup pelanggan anda. Menargetkan ceruk memerlukan komitmen untuk memulai sesuatu untuk tetap fokus.

Anda akan menyadari bahwa keunggulan kompetitif saat merek bisnis anda adalah untuk mempersempit fokus audiens target anda. Ini dapat membantu memastikan bahwa pesan merek anda tersampaikan dengan sangat jelas kepada penerima yang dituju.

Perkuat gambaran pelanggan anda, lalu pelajari cara membuat identitas merek yang dapat mereka pahami dan hubungkan.

Penciptaan merek bergantung pada bagaimana memahami persona pembeli . Berikut beberapa hal yang harus perhatikan saat mendeskripsikan pelanggan ideal anda, yaitu :

  • Usia
  • Jenis kelamin
  • Lokasi
  • Penghasilan
  • Tingkat Pendidikan

Untuk mendapatkan lebih banyak definisi untuk persona pembeli merek anda, selami detail sebagai berikut juga:

  • Motivasi
  • Sasaran
  • Poin nyeri
  • Ketakutan
  • Keinginan
  • Influencer
  • Afinitas merek

Mengidentifikasi audiens target untuk layanan atau produk Anda adalah latihan yang akan memengaruhi dan menguntungkan semua area proses pembangunan merek anda, khususnya upaya pemasaran.

4. Menetapkan Misi Dan Visi Merek

Anda harus membuat ekspresi yang jelas tentang apa yang paling disukai perusahaan anda. Sebelum anda dapat membangun merek yang dipercaya audiens target anda, Anda perlu mengetahui nilai apa yang akan diberikan bisnis anda.

5. Uraikan Kualitas dan Manfaat Utama

Produk, layanan, dan manfaat Anda hanya milik Anda. Memulai dengan merek yang mudah diingat berarti anda menggali lebih dalam untuk mencari tahu apa yang anda tawarkan, dan tidak ada orang lain yang menawarkannya.

Fokus pada kualitas dan manfaat yang membuat branding perusahaan anda akan terus meningkat.

Dengan asumsi anda tahu persis siapa audiens target anda, beri mereka alasan untuk memilih merek anda daripada yang lain.

Berikut beberapa contohnya:

  • Layanan pelanggan yang lebih otentik dan transparan
  • Cara yang lebih baik untuk mendukung produktivitas
  • Mengurangi biaya dengan opsi yang lebih terjangkau
  • Menghemat waktu pada tugas sehari-hari

6. Bentuk Suara Merek Unik

7. Biarkan Kepribadian Merek Bersinar

8. Bangun Cerita dan Pesan Merek

9. Buat Logo dan Tagline Merek

10. Integrasikan Merek Ke Dalam Setiap Aspek Bisnis

11. Tetap Setia Pada Pembangunan Merek

Dan lain sebagainya, banyak sekali cara untuk dapat membangun merek pada bisnis untuk di sukai banyak orang. Lalu bagaimana cara membuat merek? Langsung saja kunjungi Izinku dan miliki merek yang banyak orang sukai.



Leave a Reply